Rabu, 19 Mei 2010 @ 21.05.00  0 stares
Aku udah bilang kan kalo tanggal 18 mei kemarin aku ada phsycotest di sekolah?? Ya, test itu di gunain untuk mempersiapkan kita masuk sma rsbi. Kaya biasa, sekolahku nyewa sebuah lembaga psikologi untuk ngadain test itu.

Awalnya sih, aku santai santai aja. Tapi gara – gara psikolog itu judes dan mulai test dengan hati yg berkata “ihh, paknya jengkelin abis”, aku udah ga pe-we ngerjain soal itu. Dengan malas – malasan aku menjawab soal demi soal.
Mulai persoalan pertama, aku udah terbiasa ngerjain soal semacam itu, karena dulu waktu kelas tujuh juga pernah. Ada satu soal yg bikin aku bingung, bunyinya kaya gini :

Mengapa janji harus ditepati?

Aku sih ngerti apa jawabannya, tapi aku ga bisa jelasinnya kalo lewat tulisan essay gini. Akhirnya, aku jawab aja tuh soal gini :

Karena janji adalah hutang yg harus kita tepati kepada orang lain.

Icha yg noleh ke jawabanku, langsung baca. “dhin, mengapa janji harus ditepati? Jawabanmu apa? Janji adalah hutang?” aku jawab aja males malesan, “ga tau cha, stress”

 Persoalan duapun begitu, kita disuruh nyari jawaban yg bener trus di lembar jawaban, di silang jawaban yg bener. Begitupun dengan soal soal selanjutnya. Aku isi dengan santai tapi gugup. *lhoh??

Cuman, waktu uda sampe di persoalan 6 yg kalo ga salah disoal itu, kita disuruh ngitung – ngitung, aku mulai gugup dan berdebar – debar. Gimana ga gugup?? 10 soal Cuma dikasih waktu 7 menit yg tuh soal emang lumayan.

Sebelum ke persoalan sembilan, instruktur atau psikolog itu keluar kelas untuk nerima telepon. Nah, waktu itu tuh, keadaan kelas langsung gawat darurat. Ga tau kenapa, anak anak sekelas langsung meledakkan tawa masing – masing. Aku yg dari tadi ga ngurusin anak anak ngapain, Tanya ke icha “cha, ada apa sih??”

Icha sambil tertawa tawapun mengatakan, “itu lho, resletingnya pak itu belum ditutup” huakakakak, dalam hati aku ngikik. Dasar aneh – aneh tuh anak. Akupun noleh ke arah anak – anak yg ngebicarain kejadian itu, sementara psikolog itu masih diluar menerima telepon.

Waktu aku liat kea rah dilla, aku denger dia ngomong gini “aku dari tadi udah tau. Makanya mukaku tak tutupin kertas gini, tapi paknya ga ngerasa” ujarnya sambil memeragakan kejadian itu.

Setelah beberapa menit diluar, psikolog itu masuk ke dalam kelas. Psikolog itu melihat heran pada anak - anak yg tertawa dengan maksud tersembunyi. “ada apa?” Tanya psikolog itu heran. “ga ada apa – apa pak” sontak, anak – anak kompak menjawab. Psikolog itu menerangkan cara mengerjakan persoalan ke sembilan diiringi anak – anak yg menahan tawa, sekali lagi orang itu bertanya, “ada apa?” dina, yg kebetulan duduk di bangku depan dan melihat pemandangan ‘wow’ dari tadi mengatakan yg sesungguhnya diikutii anak – anak “resletingnya buka pak”

Psikolog itu kaget dan melihat kearah bawah perutnya, “lhoh?” ekspresi kagetnya waktu melihat ramayananya masih buka. “kok kalian ga bilang dari tadi?” ujar psikolog itu lagi dengan wajah memerah lalu mengeluarkan kemejanya keluar untuk menutupi resletingnya yg kayanya ga bisa ditutup.

Akhirnya, psikolog itu dapat meredakan rasa malunya. Saat anak – anak bertanya, “ga malu ta pak?” psikolog itu menjawab, “sebenarnya saya malu, tapi kita harus bisa ngatasin itu dengan mengalihkan perhatian ke hal lain … dan blab la bla.. (aku ga denger psikolog itu ngomong apa) ..”

Akhirnya, sejam lewat sudah untuk test tintum dewasa itu. Sebelum test, kita semua dikasih 2 lembar jawaban. Di lembar jawaban yg kedua, terdapat kolom kolom yg berisi angka. Emang sih, aku bingung banget sama lembar jawaban yg itu. Ga ngerti maksud banyak angka disitu yg bikin mataku pusing. *hheheh ..

Setelah semua lembar jawaban pertama dikumpulkan ke depan, sang psikolog menjelaskan bahwa lembar jawaban itu adalah soal yg kalo dikatakan dengan seram adalah ‘siksa neraka’. Awal diterangkan, semua siswa di kelas pada ga ngerti, maksud dan cara ngerjainnya. Tapi, setelah diulang ulang 3 kali, barulah tuh otak di anak – anak konek.


“disini ada yg latah?” Tanya psikolog itu sambil memegang penghapus papan tulis. Sontak, anak – anak menunjuk dina yg emang biang latah. *aku ja kalo denger dia latah sampe inget terus. Dina pun hanya diam di tempat menahan malu. “soalnya, saya ga akan bilang ganti waktu saya suruh kalian ganti ke kolom selanjutnya. Saya Cuma …” disambung dengan ketokan keras di papan tulis yg membuat dina otomatis latah.

“ya sudah, ayo dimulai, satu dua tiga ..” kata psikolog itu memberi tanda untuk mulai mengerjakan. TOK!! “ehh mama copot!!” ujar dina latah. Aku dan anak – anak sekelas otomatis ketawa. Dasar tuh anak, emang kagetan. Hhihi ..

akhirnya, dua jam pun lewat dengan psikolog yg bikin ngakak gara – gara ramayananya. Itulah kenangan yg aku tulis lagi di diaryku ini di kelas sembilan ini.

Label: