Rabu, 30 Juni 2010 @ 14.14.00  9 stares
Hahahaha .. upss .. maaf ketawa ngakak .. hhehe ..kali ini aku pengen ngebahas adab – adab saat makan. Kenapa? Yaa .. karena menurutku, aku masih belum sempurna kaya nabi Muhammad kalo makan. Apalagi, aku cewek. Makan aja biayakan, gimana gy laen-laen? Grusa-grusu .. hhehe *moga ga ada yg nyesel aku memberikan fakta mengenai diriku, hhehe ..

Oke, pembahasan ini aku ambil dari muslimah.or.id

Yg pertama :

Memulai makan dengan mengucapkan Bismillah.
Berdasarkan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Apabila salah seorang diantara kalian hendak makan, maka ucapkanlah: ‘Bismilah.’ Dan jika ia lupa untuk mengucapkan Bismillah di awal makan, maka hendaklah ia mengucapkan ‘Bismillahi Awwalahu wa Aakhirahu (dengan menyebut nama Allah di awal dan diakhirnya).’” (HR. Daud Dishohihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shohih Ibnu Majah: 3264)

alhamdulillah, aku udah bisa membiasakan kebiasaan yg telah menjadi kebiasaan nabi Muhammad yg selalu menjadi kebiasaan beliau saat makan. Hhehe .. kalo bismillah, alhamdulillah .. bisa :D

yang kedua :

Hendaknya mengakhiri makan dengan pujian kepada Allah.
Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Barangsiapa telah selesai makan hendaknya dia berdo’a: “Alhamdulillaahilladzi ath’amani hadza wa razaqqaniihi min ghairi haulin minni walaa quwwatin. Niscaya akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Daud, Hadits Hasan)
Inilah lafadznya,

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنِي هَذَا وََرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حوْلٍ مِنِّي وَ لاَ قُوَّةٍ
“Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan ini kepadaku dan yang telah memberi rizki kepadaku tanpa daya dan kekuatanku.”
Atau bisa pula dengan doa berikut,

الْحَمْدُ لِلَّهِ حَنْدًا كثِيراً طَيِّباً مُبَارَكاً فِيهِ غَيْرَ (مَكْفِيٍّ وَ لاَ) مُوَدَّعٍ وَ لاَ مُسْتَغْنَيً عَنْهُ رَبَّناَ
“Segala puji bagi Allah dengan puja-puji yang banyak dan penuh berkah, meski bukanlah puja-puji yang memadai dan mencukupi dan meski tidaklah dibutuhkan oleh Rabb kita.”(HR. Bukhari VI/214 dan Tirmidzi dengan lafalnya V/507)

nah, ini dia kebiasaan yg agak sulit dibiasakan dalam kebiasaanku sehari-hari yang seharusnya menjadi kebiasaan yg patut dibiasakan sejak dini. Hhehe .. kalo udah makan dan dapet kenikmatan dari Allah, rasanya kaya lupa sama Siapa yang ngasih nikmat ini ya? *kaya dhinna dong, ^^” hhehe .. iyaaa .. *malu-malu kucing ..

kalo sebelum makan, bismillahirohmanirrohim nah kalo selesai makan? Hhehe .. kadang lupa bilang alhamdulillah .. hhehe .. jangan diulangi ataupun dicontohnya perilaku dhinna yg jelek ini, hhehe ..

yang ketiga :

Hendaknya makan dengan menggunakan tiga jari tangan kanan.
Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Sungguh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam makan dengan menggunakan tiga jari.”(HR. Muslim, HR. Daud)

adab yg satu ini, aku paling sering. Soalnya kalo makan pake sendok itu kayaknya kurang sreg gitu lho .. lebih nikmat pake tangan a.k.a pulukan. Hhehe .. apalagi kalo hidangannya itu nasi kucing .. hmm .. *ngiler ..

nah, berikutnya yg keempat :

Hendaknya menjilati jari jemarinya sebelum dicuci tangannya.
Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Apabila salah seorang diantara kalian telah selesai makan maka janganlah ia mengusap tangannya hingga ia menjilatinya atau minta dijilati (oleh Isterinya, anaknya).” (HR. Bukhari Muslim)

nah, kalo dhinna makan pake tangan, biasanya juga jilat jemari dhinna. Hhehe, bukan jilat jemari orang lain lho .. soalnya, selain udah kebiasaan dari kecil, nikmat, juga biar nyucinya gampang. Apalagi kalo habis makan nasi bebek yg pake minyak sayur yg susah ilang kalo pake sabun. Nah ..

yang kelima adalah :
Apabila ada sesuatu dari makanan kita terjatuh, maka hendaknya dibersihkan bagian yang kotornya kemudian memakannya.
Berdasarkan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Apabila ada sesuap makanan dari salah seorang diantara kalian terjatuh, maka hendaklah dia membersihkan bagiannya yang kotor, kemudian memakannya dan jangan meninggalkannya untuk syaitan.” (HR. Muslim, Abu Daud)

biasanya kalo ada permen yg jatuh, dhinna ngambil terus bilang “belum lima menit, ehh belum satu menit sambil niup permennya. Hhehe ..

yang keenam :

Hendaknya tidak meniup pada makanan yang masih panas dan tidak memakannya hingga menjadi lebih dingin, hal ini berlaku pula pada minuman. Apabila hendak bernafas maka lakukanlah di luar gelas, dan ketika minum hendaknya menjadikan tiga kali tegukan.
Sebagaimana hadits dari Ibnu Abbas Radhiyallahu’anhu:
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melarang untuk menghirup udara di dalam gelas (ketika minum) dan meniup di dalamnya.” (HR. At Tirmidzi)

kalo yg ini, kayaknya harus dhinna jadiin kebiasaan deh. Soalnya, kalo dhinna minum sambil keburu-buru, biasanya langsung minum sambil ngos-ngosan dan otomatis aku niup dan menghirup udara di dalamnya kan??

Yang ketujuh :

Hendaknya menghindarkan diri dari kenyang yang melampaui batas.
Berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Tidak ada bejana yang diisi oleh manusia yang lebih buruk dari perutnya, cukuplah baginya memakan beberapa suapan sekedar dapat menegakkan tulang punggungnya (memberikan tenaga), maka jika tidak mau, maka ia dapat memenuhi perutnya dengan sepertiga makanan, sepertiga minuman dan sepertiga lagi untuk bernafasnya.” (HR. Ahad, Ibnu Majah)

hhaha, dhinna juga biasanya mpe kaya orang kelebihan porsi deh. Makan kaya orang kalap, dan selesai makan nggak bisa bangun. Hhehe .. yg ini harus dhinna jadiin kebiasaan yg harus bisa membiasakan dhinna nih .. hhehe

selanjutnya :

Makan memulai dengan yang letaknya terdekat kecuali bila macamnya berbeda maka boleh mengambil yang jauh.
Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Wahai anak muda, sebutkanlah Nama Allah (Bismillah), makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah dari apa-apa yang dekat denganmu.” (HR. Bukhari Muslim)
dhinna mah biasanya neko – neko, ngambil yang jauh eeeh yang deket malah jadi jatuh deh .. hikss ..

yang kesembilan, kesepuluh, kesebelas, dan dua belas :

Hendaknya memulai makan dan minuman dalam suatu jamuan makan dengan mendahulukan (mempersilakan mengambil makanan terlebih dahulu) orang-orang yang lebih tua umurnya atau yang lebih memiliki derajat keutamaan.

Ketika makan hendaknya tidak melihat teman yang lain agar tidak terkesan mengawasi.

Hendaknya tidak melakukan sesuatu yang dalam pandangan manusia dianggap menjijikkan.

Jika makan bersama orang miskin, maka hendaklah kita mendahulukan mereka.

Label: ,

Sabtu, 26 Juni 2010 @ 18.44.00  5 stares
horeee!!! yeeey!!! akhirnya aku bisa bikin award, walaupun terkesan kampungan sih .. tapi tujuannya baek lho .. menghargai karya seseorang gitu .. nah .. karena saya baru bikin, pertama tama, aku mau kasih award ini ke punya kakak kakak saya yg udah pro!! maklumlah, saya kan masih amatiran .. hhehe ..


Photobucket

nah, award itu aku kasih untuk :

mas eko
mbak rinda
tips cahaya

dan tag nya :

1. kakak punya blog berapa?
2. apa kelebihan blog kakak sehingga tampak pro?
3. widget apa aja yg kakak pasang sehingga tampak pro?

hhehe .. ndak bisa buat pertanyaan yg bagus .. oke deh, diambil ya kawan :D

Label:

Jumat, 25 Juni 2010 @ 15.18.00  2 stares
ehmm .. ini aku mau pajang foto waktu perpisahan tanggal 1 juni lalu. walaupun agak telat, it's okay. hhehe ..
tapi, sayang seribu sayang .. fotonya ada yg ilang .. hiks ..
ya udah, seadanya aja yaa ..

ini, bandnya fikri, cowok yg nyebelin. ea dulu sahabat kecil, tapi ga tauk tuh, lupain sahabatnya ndiri .. hiks .. Photobucket, tapi ga apalah. lumayan keren kok. mereka nge band buat ngiringin guru kita nyanyi. nyanyi lagunya kotak, pokoknya powerfull abis, dan bagian akhirnya dibuat agak nyinden kaya di OVJ gitu. hhihi .. nice music guys .. Photobucket  



dan inilah kami, kelas BF yg akan kurindukan .. Batalyon eF, i will miss you .. banyak yg udah kita buat Photobucket  maksudnya , banyak kenangan yg kita buat. mulai suka, duka, tawa, canda, haru, tegang dan kompak. banyak kenangan yg aku inget dan mungkin gak akan aku lupain .. 

Label:

Kamis, 24 Juni 2010 @ 16.26.00  3 stares
award ke empat buat BHD alias buku harian dhinna. hhehe .. dhinna yg padahal baru beberapa hari berteman dengan kak agustomyx langsung dikasih. arigatou ya kak .. nah, aku mau kasih ke :

1. kak lilan mh'94
2. sigodangpos
3. mangacan
4. tiffany 
5. kak rinda

Bagi sobat yang mendapat award ini diharuskan membagikan ke lima teman lainnya. Selanjutnya sobat yang menerima harus memasang link-link dibawah ini di artikel yang sobat buat.

1. All Information for us
2. Sumber Informasi untuk Kita
3. Baca Komik dan Download Video Naruto
4. Diary Nadya
5. Agus' Site

6. buku harian dhinna

Label:

@ 15.51.00  0 stares
Ahhh, aku baru tahu ternyata Korea itu dunianya drama asia, Negara yg penuh dengan kebudayaan dan orang-orang yg terkenal dengan kebaikannya (dan juga cakepnya kan?) hhehhe ..

Kalo ngomongin seleb korea, waahh, pengetahuanku masih sempit. aku tau tentang mereka Cuma dari TV yg selalu nampilin drama koreanya dan juga dari majalah.
Nah, kebetulan beberapa minggu yg lalu aku beli majalah yg isinya (juga kebetulan) nampilin aktris korea. Ga seberapa terkenal sih, tapi kayanya menarik juga. Ok, here we go ..

Seleb yg pertama:

Park shin hye
 
profile
§                     Name: 박신혜 / Park Shin Hye (Bak Sin Hye)
§                     Profession: Actress, model and singer
§                     Birthdate: 1990-Feb-18
§                     Birthplace: Paju, Gyeonggi, South Korea
§                     Height: 163cm
§                     Weight: 45kg
§                     Star sign: Aquarius
§                     Blood type: A

TV shows
§                     High Kick Through The Roof (MBC, 2010, cameo)
§                     You're Beautiful (SBS, 2009)
§                     Bicheonmu (SBS, 2008)
§                     Kimcheed Radish Cubes (MBC, 2007)
§                     Several Questions That Make Us Happy (KBS2, 2007)
§                     Goong S (MBC, 2007)
§                     Tree of Heaven (SBS, 2006)
§                     Seoul 1945 (KBS1, 2006)
§                     Cute or Crazy (SBS, 2005)
§                     Not Alone (SBS, 2004)
§                     Stairway to Heaven (SBS, 2003)

Movies
§                     Evil Twin / The Hometown of Legends (2007)
§                     Love Phobia (2006)

Recognitions
§                     2009 SBS Drama Awards: New Star Award (You're Beautiful)
§                     2003 SBS Drama Awards: Child Actress Award (Stairway to Heaven)

trivia
§                     Education: Seoul Young-Pa Girls' Middle/High School
§                     Talent: Dancing
§                     Hobby: Listening to music
§                     Debut: Lee Seung Hwan's music video "Got - flower" in 2003
§                     Has released a digital single, "Prayer", a song she used to sing in this drama Tree of Heaven but was not released in the Official OST.
Kalo diliat liat, kayanya lumayan cute yaah .. hhehe ..nah, mari kita loncat menuju seleb kedua yg cantik ini ..

Lee hyo ri
Profile
§                     Name: 이효리 (李孝利) / Lee Hyo Ri (I Hyo Ri)
§                     Also known as: Hyori Lee / Lee Hyori / Lee Hyo / Cho Ri
§                     Profession: Singer, model, and actress
§                     Birthdate: 1979-May-10
§                     Birthplace: Choong Book, South Korea
§                     Height: 166cm
§                     Weight: 53kg
§                     Star sign: Taurus
§                     Blood type: A
§                     Family: Older brother, older sister
TV series
§                     On Air (SBS, 2008) cameo
§                     Perhaps Love (TV Mnet, 2007)
§                     Three Leaf Clover (SBS, 2005)
Trivia
§                     Religion: Christian
§                     Education: Gukmin University, Kyung Hee University (major in media studies & social science)
§                     Kpop group: Leader of FinKL
CM
§                     Anycall
§                     Gmarket
§                     Ace Bed
§                     Anystyle
§                     Dove
§                     Ragnarok
§                     Mango Drink
§                     Dwae Ji Bar (Ice Cream)
§                     Fruits Wax Hair Coloring
Kalo diliat-liat, kayanya seleb ini pernah liat di boys before flower yah? Kalo ga salah yg jadi pacarnya si ji hoo (kim hyun joong) betul gaa? Hhehe ..
Oke, itu dulu yg mau aku pamerin ke kalian. Tunggu lanjutannya yaah guys? Hhehe ..

Label:

@ 11.00.00  0 stares
hmm .. kalo ngomongin sahabat kayanya udah ga asing yaa .. tapi sahabat itu ada yg baik dan buruk. mungkin ada juga yg musuh dalam selimut. kalo menurut jalan pikiranku dulu, sahabat adalah seseorang yg mau hibur saat kita sedih, yg mau tersenyum saat kita gembira .. dan dulu aku juga pernah berpikir, bahwa sahabat adalah seseorang yg mau anggep kita buku harian. tapi well its okey.

nah, aku ambil penjelasan dari wikipedia.com :


Persahabatan atau pertemanan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial. Artikel ini memusatkan perhatian pada pemahaman yang khas dalam hubungan antar pribadi. Dalam pengertian ini, istilah "persahabatan" menggambarkan suatuhubungan yang melibatkan pengetahuanpenghargaan dan afeksi. Sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetiaan satu sama lain, seringkali hingga pada altruismeselera mereka biasanya serupa dan mungkin saling bertemu, dan mereka menikmati kegiatan-kegiatan yang mereka sukai. Mereka juga akan terlibat dalam perilaku yang saling menolong, seperti tukar-menukar nasihat dan saling menolong dalam kesulitan. Sahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif. Namun bagi banyak orang, persahabatan seringkali tidak lebih daripada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan atau menyakiti mereka.
Nilai yang terdapat dalam persahabatan seringkali apa yang dihasilkan ketika seorang sahabat memperlihatkan secara konsisten:
Seringkali ada anggapan bahwa sahabat sejati sanggup mengungkapkan perasaan-perasaan yang terdalam, yang mungkin tidak dapat diungkapkan, kecuali dalam keadaan-keadaan yang sangat sulit, ketika mereka datang untuk menolong. Dibandingkan dengan hubungan pribadi, persahabatan dianggap lebih dekat daripada sekadar kenalan, meskipun dalam persahabatan atau hubungan antar kenalan terdapat tingkat keintiman yang berbeda-beda. Bagi banyak orang, persahabatan dan hubungan antar kenalan terdapat dalam kontinum yang sama.
Disiplin-disiplin utama yang mempelajari persahabatan adalah sosiologiantropologi dan zoologi. Berbagai teori tentang persahabatan telah dikemukakan, di antaranya adalah psikologi sosialteori pertukaran sosialteori keadilandialektika relasional, dan tingkat keakraban. 

so, what do you think guys??

Label: ,

@ 10.39.00  0 stares
aduu .. akhirnya saya ga jadi kembali ke solo. dikarenakan masalah yg belum selesai ini. hoaaa .. Photobucket nyebelin abiiis!! padahal udah beli tiket untuk jam tujuh tadi. tapi demi SKHUN yg asli .. ya sudahlahh
Photobucket hhehe .. malah nyanyi lagunya bondan. naahh .. karena aku ga ikut ke solo, ya udah aku mau blogging sambil dongkrak nilai dan ambil award dari bencerdas.com

and here we go ..
sebenernya aku bingung yg mana awardnya yg buat aku. tapi, ga apa lah .. toh kata dia suruh ambil semua dan kasih motto kaya dia. okkelah kalo begitu ..













mottonya : jangan menanti hidup ini tapi nikmatilah *gak nyambung yaa?

hhehe, nyambung gak nyambung di sambung-sambungin aja deh ..

Label:

Selasa, 22 Juni 2010 @ 10.15.00  3 stares
hai hai .. maaf ya kawan .. saya baru bisa update sekarang, maaf yg udah mampir .. aku usahain aku mampir balik. okkke??
nah pada kesempatan ini saya ingin sekalian mengambil award yg udah ngantri .. hhehe ..

dari intan :


1. Berapa blog yang kamu punya dan berapa umurnya?

jawaban : ada banyak, kira2 4 ato lima gitu, umurnya kayaknya masih setahun. maklum ga di kasih akte

2. Sejak kapan kamu mengenal dunia blog?

jawaban : sejak kapan ya? kelas delapan kayaknya ..

3. Mengapa tertarik membuat blog dan untuk apa?

jawaban : iseng aja sih, pengen gitu tulisanku dibaca orang lain .. hhehe

4. Apa kelebihan dan kekurangan blog kamu?

jawaban : apaan ya? kayaknya sih kurang bermutu, hhehe

5. Award dan tag ini berikan kepada 5 teman blogger yang lain
1. mas eko
2. sasoll
3. kak rinda
4. mas kresna
5. tiffany

Label:

Sabtu, 05 Juni 2010 @ 07.19.00  6 stares
pagiii .. pagi yang cerah dan indah untuk dinikmati Photobucket
tumben dhinn ceria? hhehe iya nih, lagi pengen banget bloggingan sebelum vakum selama beberapa hari untuk bloggingan. soalnya, saya mau hijrah dan untuk sementara tidak dapat terhubung dengan sesuatu yg namanya internet. eheheh Photobucket

nah, pagi ini, aku lagi pengen banget nulis resensi dari novel 'let go' karya dari whindy puspita terbitan gagas media. kenapa aku pilih novel ini? karena novel ini udah ngisi tempat dihatiku. hhahah, gayamu dhinn . wkakak ..

kaya motonya, "setiap cerita punya ruang sendiri di dalam hati"
nah berikut resensi dari saya.

caraka pamungkas, seorang remaja yg selalu bilang "aku benci dia" ke orang yg bertanya tentang papanya. akibat ulahnya yg suka mencampuri urusan orang lain, dia dimasukkan (dihukum) oleh wali kelasnya kedalam kepengurusan majalah dinding sekolah, veritas.
secara tidak sengaja di majalah dinding itu, caraka atau yg akrab dipanggil raka bertemu dengan nathan, pengidap kanker otak yg sombong, nadya, sang ketua kelas yg jutek abis, dan juga sarah yg sangat pemalu.
akibat sebuah keterlibatannya yg mengharuskan dia untuk berkenalan dengannya, caraka menemukan arti dari sebuah kehilangan.

"jangan panjang2 dhinn kalo nulis, yg baca jadi males". eheheh iya ma.. Photobucket

nah, kalo kalian berminat baca buku ini, segera menuju toko buku terdekat dan cari novel "let go" di rak buku bertuliskan novel. hhehehe ..

nah, selamat pagi dan selamat beraktivitas ya kawan. inget, jangan baca via pinjaman. karena membaca buku ini membuat kita terlena.

Label: ,