Minggu, 19 Desember 2010 @ 15.15.00  3 stares
kemarin adalah hari yang panjaaaang buatku. hhahaha *malah ketawa -_-"

pagi kemarin aku bangun dengan perasaan siap. padahal di lain rumah, sebagian temen-temenku masih pada molor (mungkin). dengan berpakaian batik khusus dari sekolah, aku menunggu mbak sepupu yang mau nganterin ke solo. yep, that's a day when i went to the competition.

di jalan, mbak sepupuku tanya "lombanya jam berapa??"
"apaa?" ga denger karena helm.
"lombamu itu jam berapa??" tanyanya mengulang.
"jam delapan!"
"tau gitu berangkat jam setengah delapan aja tadi. pagi banget"

emang sih lombanya jam delapan, tapi janjiannya jam setengah delapan udah nyampe di solo techno park. alesannya biar kita bisa on time.

sampe di depan solo techno park (belakang UNS) aku diturunin. "yang mana dhin??"
"hee?" masih ga konek. "ini lho, gedungnya ada dua. tapi kayanya yang itu deh (nunjuk gedung disebelah kanan) soalnya yang itu belum jadi. lha temen-temenmu mana??"

"ga tau nih, tak sms belum pada jawab. (tiba-tiba ada sms masuk) nih malah belum berangkat, haduuu" ujarku gusar.
"ya udah ayo sarapan dulu" yaa akhirnya kami sarapan dulu di salah satu warung dekat UNS. saat itu jam menunjukkan pukul 07.08

setelah mengenyangkan perut plus menambah energi buat mikir, aku sms aziz dan restu yang belum ngasih kabar. restu jawab, "iya aku udah di jalan" sedangkan si aziz, kaga tau tuh orang lagi dimana.

aku kembali ke solo techno park yang tadi. didepan pintu ada mas2 yang jaga. "ayo dek, masuk dulu aja, biar temen2nya nyusul" maunya sih begono, tapi aku juga mau nunggu temen2ku. ahh .. karena kebanyakn cing cong aku skip aja.

jam delapan, restu baru nyampe. sedangkan si aziz? nyampe mana tuh orang?? aku ng-sms dia berkali2, tapi tetep ga ada jawaban. gusaaar!! karena lomba yang sudah mau dimulai *katanya panitia. padahal yang dateng baru 2 peserta. aku coba telpon dia, lagi2 ga ada jawaban. 'aah . mungkin lagi di jalan," pirku positive. tapi kok lama banget??? *mulai negative. nih orang bener2 niat ga sih??

setelah nunggu selama kurang lebih 15 menit, aziz telpon aku,
aziz : halo, dimana ini?
aku : kamu sekarang dimana?
aziz : ini di tempat yang kemarin kan? *ga konek
aku : "posisimu dimana??
aziz : diperempatan yang kemarin
aku : :sigh: duh, di solo techno park, tau ga??
aziz : nggak *gubrak
aku : itu lho, dari pintu belakang kampus, kamu lurus terus ntar ada tulisannya
aziz : hha? *ga tau nih orang konek ma omonganku ato nggak
aku : pokoknya dari pintu belakang kampus kamu lurus aja, ntar ada dua bangunan, kamu masuk yang kanan
aziz : iya ya*mulai tenang

telpon ditutup. dan aku kembali menunggu dengan agak tenang. 5 menit ga nongol2, mulai gusar lagi. mana sih nih orang??
tiba-tiba ada sms, 'ini dimana sih? ga jelas banget...'

argh!! pusingg!! aku kembali sms dia 'kamu dimana?'
jawaban dateng 'aku dipintu belakang UNS'
akhirnya, aku nyusul tuh orang yang udah bikin aku panik, sama mbak panitia. saat ketemu di pintu belakang UNS, aku langsung mengaba-aba untuk mengikutiku.

dan akhirnya, jam 8 lebih, sekitar mau setengah sembilan, team 2 sudah lengkap. whooaa, lega sekarang.
tapi ternyata itu belum selesai, setelah nunggu kira2 15 menit, panitia mulai membuka acaranya. kulihat sana sini, kok cowok semua?? cuma aku dan restu, yang sebagai peserta cewek. ga apa deh, itung2 nambah pengalaman.

babak pertamapun dimulai.
kita disuruh untuk ngerjain soal tes secara onlen. lumayan, ada 114 soal yang masing2 punya kriteria ; jawaban benar : skor 4, jawaban salah : skor -1, jawaban kosong : skor 0. pertama, kita ngeklik soal nomor 1 , twew, soal pascal, apaan nih?? cenut2 ga ngerti maksudnya. sampe di soal nomor 14 kalo ga salah, kita skip langsunng ke soal tentang sistem operasi. kira2 cuma ada 20 soal, hampir kita kerjain dengan sempurnya, kecuali gambar CPU yang kita ga tau pake socket apa tiu dan beberapa lainnya. dengan terpaksa kita kosongi*dari pada salah di minus??
kita jawab soal2 bab lainnya juga seperti tadi, ada jawaban yang ragu2 langsung kita kosongi. di menit2 terakhir sebelum tes selesai, aku klak klik soal yang belum keisi. beberapa soal aku minta pendapat dari restu. dan saat aku lihat aziz, kayanya dia udah pasraha aja sama jawaban. hhaha ..

dan akhirnya, selesai sudah. kita istirahat sebelum melanjutkan ke babak kedua, praktek. siswa sma batik dibelakang ribut banget. tapi, kalo bukan karena mereka, team kita juga garing ga ada ketawa. setelah isoma, kita kembali maju ke babak kedua.

di babak ini, kita disuruh buat ngelakuin perintah yang ada. ada enam pos yang tiap posnya harus ne praktekin perintah itu. setelah dimuulai kita nyoba ke pos pertama. pascal! whoaa, susahnya. "aku cuma bisa jawab soal nomor 1. yang nomor 2,3,4 ga bisa. algoritma!! setelah ngebuat program pascal, kita dihadapain sama soal algoritma. susahnya bukan main, tangan diam ga berkutik. aku , restu dan aziz nyerah ga bisa apa-apa. "ayo, dicoba aja dek. kalo programnya ga jalan ngga papa, yang penting kalian bisa nulisnya" duh mas, boro2 nulis, algoritma ngapain juga aku ga ngerti, belum diajarin sama sekali!! baca bukunya aja bingung. akhirnya kita nyerah. "beneran dek mau nyerah?" lha wong ngerti aja kaga, mase mase.

setelah melewati 3 pos, kita kembali ke lantai atas. bolak balik kita naek turun tangga!! namanya ini juga olah raga!! itung2 ngecilin perut, kata restu. perut udah kecil, mau dikecilin lagi? biting po??

setelah kita selesaiin pos design, aziz kelihatan semangat banget menuju ke pos jaringan komputer. ya udah, kita cewek2 yang gangerti apa2 langsunng ngikut. gila, cepet banget nih orang nyettingnya?? berkali2 dicoba, gagal. ternyata gara2 formatnya yang read only belum diganti, jadinya ga bisa. nah, setelah dia ngeklak klik dengan cepetnya, akhirnya berhasil deh ngirim data melalui peer to peer. *yang aku sendiri masih belum paham caranya.

pos terakhir, sistem operasi. "mas, ini masih boleh nggak?" tanya aziz di pos terakhir, "boleh dek, tapi waktunya tinggal 7 menit" 'whaaat??' "ya udah ga papa mas" jawab aziz lagi. "ya bentar ya dek, tak nyalain dulu" jawab mas2 itu dengan cepat menyalakan laptop didepannya. tiba2, "passwordnya apa?? tanyain gih cepet" waduh, ngabis2in waktu. "perpanjangan waktu lho mas" ujarku pada masnya. "oke dek"

nah, di pos terahir ini kita disuruh buat nginstall OS yang ada. tanpa banyak penjelasan, aziz langsung klak klik dengan cepet. dan aku bingung dia ngapain!! yang kungerti cuma inux redhat yang dia pilih sebagai OS virtual, dan selanjutnya, aku nggak ngerti!! dengan waktu 5 menit, dia berhasil nyelesein pos terakhir dimana mbak panitianya juga mengumandangkan bahwa waktu udah selesai. wow, so amazing!!

nggak nyangka, cowok yang bikin panik diawal acara gara2 keterlambatannya, sekarang jadi hero didalam team 2 untuk nyelesain tugas yang ada. dan kayanya, dia obsesi juara banget.
sambil nunggu pengumuman lomba, aku buka2 inbox sms. ada satu pesan dari tika 'uhumt uhumt, sing rangking 1, gimana lombane?' hah?? aku terkejut. aku langsung me reply dengan cepat. 'SUMPAH??' aku nggak percaya. aku rangking satu?? gilaaaa!!

dan akhirnya konsentrasiku terbagi2. antara pengumuman lomba dan hasil rapotku. girang bukan maen aku ngucap syukur alhamdulillah. ga nyangka .. ya allah, terima kasih ya allah .. sekaligus ketawa ngakak gara2 kita disuguhin animasi 3D dengan software opensource blender 3D. kocak abisss! tapi sayangnya, setelah diumumin, team 2, team kita nggak dapet juara. namun, setelah dilihatin nilai2nya, nggak nyangka, team kita kalo mau diurutin dapet urutan ke empat. whoaa, nyerempet!! andai ada juara harapan, kita pasti bisa dapet harapan itu. tapi ga apa. kita puas. lagian status kita disana itu sebagai siswa kelas 10 sendiri. bayangkan, materi yang keluarin juga materinya anak smk dan kelas 12. but it's exciting me.

"tahun depan kita ikut lagi ziz, " ujarku kepada aziz yang kayanya emang obsesi banget pengen juara. hhaha .. "yang di undip ikut nggak res?" tanyaku pada restu, "waa? jauhhh dhinn .." hhihi .. ga apa .. nambah pengalaman ..

kompetisi IT yang keren. :D malemnya aku sms pak budi selaku guru TIK kami, dan baru subuh tadi beliau jawab :

" kesuksesan yang tertunda. bagi saya kalian sudah jadi pemenang. berani menguji kemampuan, met liburan"
simple sentence, but it had deep mean for us. thanks mr. budi, you are a best teacher :D

Label: , ,