Rabu, 01 Desember 2010 @ 21.35.00  2 stares
woyo woyo .. long time no see  guys!! aku mau nyambung postinganku yang kemarin kemarin di akhir tahun ini. yaa .. walau belum terlalu akhirlah. tapi ngga apa dong kalo bulan ini aku hanya mengisi satu postingan. masalahnya muali tanggal 4 desember besok aku udah mulai ulangan akhir semester. mohon do'anya yaa :D

hari ini tepat tanggal 1 desember yang semua orang pasti tahu hari apa sekarang. yep, hari ini diperangati sebagai hari AIDS sedunia. semua orang pasti tahu apa itu AIDS. AIDS atau Acquired Immuno Defeciency Syndrome adalah kumpulan gejala kelainan tubuh yang disebabkan oleh kelemahan sistem kekebalan tubuh. hal ini disebabkan oleh virus HIV (Human Immunodefeciency Virus). virus ini menyerang sel - sel pembentukan tubuh, yaitu sel darah putih.

virus HIV pertama kali ditemukan oleh ilmuwan dari Amerika Serikat, Michael S. Gottlieb dan Frederick P. Siegel (1979). mulanya HIV dapat diisolasikan dan dibiakkan di dalam sel darah putih penderita. di dalam sel darah putih tersebut, setelah dua sampai tiga minggu, HIV dapat menghasilkan virus baru. seperti virus influenza, isi tubuh virus HIV juga mudah mengalami perubahan, sehingga sulit untuk dibuat vaksinnya.

awalnya, AIDS diderita oleh kelompok orang yang mengalami kelainan seks, khususnya pada homoseksual. namun, perkembangan lebih lanjut menunjukkan bahwa penyakit ini dapat ditularkan dari orang yang menderita AIDS kepada orang sehat melalui berbagai cara, seperti hubungan seksual, transfusi darah, dan dari ibu penderita AIDS kepada anaknya yang masih dalam kandungan (kasian banget yak tuh dedek :()

hingga kini belum ditemukan vaksin pencegah AIDS. maka dari itu upaya pencegahan AIDS ditekankan pada usaha untuk mencegah tubuh orang sehat dari infeksi HIV, yaitu :

1. hindari sentuhan langsung terutama dengan darah, sperma, juga air liur, air seni, air mata, ataupun cairan lain dari tubuh penderita AIDS.
2. penderita AIDS dan mereka yang berisiko tinggi terhadap AIDS diharapkan tidak menjadi pendonor darah.
3. wanita yang sedang hamil diharapkan menjauhkan diri dari penderita AIDS, karena berbahaya bagi dirinya dan bagi bayi yang dikandungnya.
4. hindarilah meminjam alat, pakaian, dan benda-benda lain yang digunakan oleh orang yang enderita AIDS atau berisiko tinggi terhadap virus AIDS.
5. tidak melakukan hubungan seks diluar nikah.

nah, aku mau kasih garis bawah di nomor lima. udah tentulah kita ngga boleh ngelakuin hubungan seks diluar nikah. apalagi kalo kita pelajar, masih usia produktif dan masih punya tanggung jawab besar. ehh udah berani tuh yang namanya "main" kaya gitu. pleasee!! nyadar dong!! kita ini masih muda, masih banyak yang dapat kita lakuin selain hal itu. toh dalam agama juga diharamkan. pezina itu lebih buruk dari hewan.

makanya, jangan sekali - kali nyoba yang begituan. awalnya sih enak, nikmat gitu pas ngelakuin (katanya) tapi pas test pack ngasih tahu dia ngandung janin (bagi cewek) nangis - nangis dan minta pertanggung jawaban dari sang cowok yang udah nyumbangin tuh bayi ke perutnya. tapi itu mah masih mending, lha kalo ternyata dia juga kena HIV/AIDS?? aku sih cuma ngomong IDL (itu sih derita lo) itu bahasa kejemnya.

tapi penderita AIDS itu ngga boleh dikucilkan. kasihan mereka kan, masak di akhir - akhir hidupnya dia malah kesepian ngga punya temen. apalagi kalo penderita itu tertular karena jarum transfusi darah, duuuh kasian banget. udah ga tau apa-apa ehh sampe kena kaya gitu. *inget dari sinetronnya kak derby romero yang dulu. eheheh ..

oya, karena hari ini adalah hari AIDS sekolahku juga ngadain upacara untuk memperingatinya. dan pas pembina upacara membacakan amanat dari menteri pendidikan, kurang lebih 60 juta orang didunia menderita AIDS dan 25 juta diantaranya meninggal. tinggal 35 juta  sisanya yang masih berjuang melawan penyakit itu. dan itu pun terus bertambah. ckckckc ..

ya udah, ini dibuat pelajaran aja yaa .. semoga dikedepannya kita bisa metik dari setitik pengetahuan ini. dan moga generasi kita bisa menjadi lebih baik dan jumlah penderita HIV/AIDS lebih sedikit dibanding yang sebelumnya.


Label: ,