Rabu, 29 September 2010 @ 18.04.00  0 stares
Jum’at yang lalu, kalo ngga salah tanggal 24 september, yaa seperti biasanya aku dan temen2 sekelas dengan jumlah kurang lebih orang ikut kegiatan ROHIS. Ketuanya emang dari kelasku, makanya pas aku lagi males-malesan dia berseru “addin, ikut ROHIS” dengan ceria dan sumringah menatapku. Aku hanya menjawab, “he.eh” tak berdaya.


Kayanya, di hari raya umat Islam saat itu, setan kuat menyeretku untuk tidak mengikuti kegiatan ROHIS. Beneeer aku pas itu maleeees banget. Kalo boleh milih ikut apa ngga sebenernya aku pengen ngga ikut. Tapi, karena ajakan temanku yg bawel itu akhirnya aku berjalan ke arah Masjid sekolah bersama teman2.


Sampe di masjid juga masih pada sepiii. Yang ada Cuma beberapa siswi kelas sepuluh. Cowoknya aja ngga kelihatan ato kedengeran sama sekali tuh suaranya. Apalagi tuh kakak kelas sebelas dan duabelasnya. Setelah dipanggil oleh sang ketua, Tika, kakak kelas itu mulai berdatangan.


“dek, ngapain ini? Mbak Yeni aja ngga ada”

“ngga ada mbak?? Emang kemana??”

“ngga tahu yaa, pulang aja yuk dek”ee .. ternyata bukan Cuma aku yang merasa terhasut, tuh kakak cantik juga kena ternyata, hhihi ..


ada satu siswi dari kelas sebelahku, namanya kalo ngga salah Azka. Dia dari tadi ngerengek terus minta ngaji. “ngaji yuk?? Yuk ngaji??” ajaknya sambil aga memelas (menurutku). Didepanku dia kembali mengutarakan kata2 yang dia ucapkan pada teman yang lain. “ngaji yuuuk” aku yang ngga tegaan dan susah untuk menolak ajakan teman, langsung aja tersenyum dan mengangguk. “he.ee”


kira2 lima belas menit setelah mengaji, kakak pengisi kajian sudah datang. “assalamu’alaikum warrohmatullahhi wabarokatuh…”


“wa’alaikumsalam warrohmatullahhi wabarokatuh”

“gimana kabarnya??”

“baek mbaak”

“gimana kemarin puasanaya? Ada yang sukses??”


“aku ngga sukses mbak” celetuk salah satu siswi/akhwat yang hadir.

“lhoo, emang kenapa?”

“yaa gitu deh mbak, banyak bolongnya. jadi ngga sukses puasaku ngga full”


“ehhh .. kita ngga puasa itu karena haidh, nah haidh itu merupakan karunia Alloh yang istimewa bagi wanita. Haidh kan menandakan bahwa kita itu subur, coba bayangin kalo kita ngga subur dan umpama ngga punya anak. Sedih kaan? Na’udzubillah ..”


“naa, kalo kita protes karna puasa kita bolong, kita sama aja protes sama yang ngasih bolong pada saat kita puasa kan?? Sama aja kita protes ke Alloh kan?? Jadi, syukuri aja kenikmatan yang Alloh berikan pada kaum wanita”


“okeee mbaak”

“nah, kalian tahu apa yang dapat kita pelajari saat menjalani ibadah puasa itu??”

“ehhmm .. menahan hawa nafsu mbak???”


“iya itu salah satunya. Tapi, Rasululloh menyuruh kita untuk belajar dari Bayi saat kita berpuasa. Bukan hanya saat berpuasa, namun di hari lain selain di bulan romadhon”



hmmm .. semua pada merenung. Emang apa aja ya yang dapat kita pelajari dari bayi?? Padahal, bayi kan bisanya Cuma makan, bobo, nangis, pup (upppps,hheheh…) dan seterusnya.


“apa hayoo??” ihh .. nih kakak ngga sabaran amat sih, eee salah ding. Emang kita-kitanya aja yg lola alias loading lama. Alaaaa diin, malah nyari alesan biar ga kena sendiri. Iyaa deh, addin yang lola sendiri, tapi kok yang lain juga jawabnya lamaa?? Udah .. sama2 lola dehh .. sama aja dong.


“point pertama yang dapat kita pelajari dari seorang bayi yang imut imut adalah tak kenal putus asa”


errr .. emang tuh bayi kecil kecil udah disuruh nguli??

Ehh bukan gitu, ngaco amat sih. Bayi tuh ngga kenal putus asa. Coba deh kalo bayi itu gampang nyerah kaya kita-kita ini. Pasti dia ngga mau tuh yang namanya berusaha untuk bisa merangkak, duduk, berdiri, berjalan dan berlari. Pasti sekali berdiri .. gedebuuk .. jatooh trus nangis “aku ngga mau beridiri lagi, kalo jatuh lagi kasihan nih pantat aku yang empuuk jadi sakit” emang ada tuh bayi model gitu??


Hhaha .. yaa kalo digambarin kaya gitu deh. Makanya, bayi itu diberi kekuatan oleh Alloh saat dia belum mengerti apa-apa untuk tak kenal putus asa. Pertama dia berdiri, ee ternyata jatuh. Terus dia coba lagi untuk bangkit berdiri, ehh jatuh lagi .. sampe dia bisa berdiri dengan sempurna. Lalu dia mencoba untuk berjalan, lalu jatuh .. dia mencoba lagi .. dan seterusnya akan berulang seperti itu.


Naa, coba kalo kita yang disuruh kaya gitu. Sanggup ngga tuh? Misalnya nii ya, ketemu sama soal matematika yang susahnya minta ampuun, eh tapi kata pak gurunya “caranya simpel kok, asal kalian ngerti aja maksud soal itu” boro-boro bisa ngerjain, ngerti aja ngga. Udah dehh timbul perasaan merasa ngga bisa, terus ngga mau buka buku ato mencoba, dan akhirnya pasrah. Alaaa .. ntar juga dibahas bersama oleh pak guru. Iya kalo emang sekelas pada ngga ngerti terus pak guru nerangin. Naah kalo ngga?? Dan Cuma kamu doang yang ngga bisa gimana?? Apa ngga malu tuhh??


“naa .. point yang kedua adalah bayi itu selalu melihat kedepan”

yaiyaalaa .. kan didepan ada bundanya lagi bawa permen. Aduu addin, jangan telmi telmi deee ..


bayi itu selalu melihat kedepan. Ngga pernah kebelakang. Yaa paling Cuma kalo dipanggil dari belakang baru noleh. Pasti, bayi itu selalu melihat ke arah depan.


Apahubungannyasama kitaa?


Yaa adalaa .. kalo kita menjalani hidup itu ngga perlu pake nengok ke belakang. Yang berlalu ya udah biarin aja berlalu. Tohh yang lalu ngga bisa diulangin lagi, Cuma bisa dipelajari. So, bayi yang masih kecil dan belum mengerti dosa saja sudah berprinsip kalo dia ngga perlu noleh ke belakang, masak kita ngga bisa?? Masak kalah sama bayi???


“trus yang ketiga apaan mbak??”

“yang ketiga, bayi itu selalu jujur”


bayangin deh, kalo bayi itu disuruh bo.ong “kika yang cakep, ntar kalo ada temen mbak yg dateng bilang mbak lagi kleuar yaa” yang diajak ngomong ya Cuma angguk angguk aja. Lalu tak berapa lama kemudian, datanglah orang yg dimaksud tadi. “kika, mbak addin ada??”


“ehhm, tadi kata mbak addin, kalo ada temen mbak yang dateng suruh bilang mbak addin lagi ngga ada” tentu aja yang mendengar jawaban tertawa kecil walau agak geram.


Anak kecil kok diajak bo.ong. kalah deeeh, kujamin. Bayi itu masih polos, masih belum tahu apa itu dosa, apa itu bo.ong. yang dia katakana adalah yang dia tahu. Naa, kalo kita?? Waduu .. boro-boro deh .. sama temen aja sering bo.ong apalagi sama Yang Di Atas?? Kita bo.ong ato ngga sama Dia?? Jadi, jangan mau kalah sama bayi.


“nah, yang terakhir adalah point ke empat. Bayi itu tulus”


wuii, bayi itu selalu tersenyum tulus. Nah, kalo kita?? Aduu jangan ditanya dee. Kita kan udah jago tuh yang namanya nyembunyiin perasaan. Walaupun bibir berkata tidak, namun sinar mata yang berkata iya tak dapat dibohongi.


“bayi, kalo keinginannya ngga dituruti, pasti langsung ngambek. Ogaa deh yang namanya bicara sama kita, cuek beibeh gituu. Tapi kalo udah di kasih permen, baru deh kegirangan dan ngelupain kejadian semula dia ngambek sama kita. Dia pasti langsung tersenyum sumringah”


hmm hmm .. harusnya kita juga dong yaa. Masak kita yang udah lebih ngerti daripada bayi, ngga bisa tulus sihh??


“naa, itu dia empat point yg harus kita pelajari dari seorang bayi. Semoga kajian hari ini bermanfaat yaa .. terimakasih sudah mau mengikuti kajian rutin ini, wassalamu’alaikum warrohmatullahi wabarokatuh..”


“wa’alaikumsalam warrohmatullohi wabarokatuh..”


Hoaahm. Aduuududu .. si penulis uda mulai capek. Oke, dilanjut besok yaa . lagian nih juga masih kudu belajar. Besok, ulangan 3 sekaligus brur, kaloupun saya remidi, ditambah satu lagi jadinya 4. doakan saja itu tak terjadi. Ukee .. sampai jumpa di next posting yaa ..


Wassalammu’alaikum warrohmatullohhi wabarokatuh ..



Label: ,