Rabu, 15 September 2010 @ 08.34.00  1 stares
tadi, sekitar beberapa pulu menit yg lalu dapet tugas untuk melaksanakan (halah bahasanya) perintah dari mama.*ribet amat. yaa biasa yg dilakukan anak rumahan kalo ga ada kerjaan di pagi hari ini, aku disuruh buat menjemur jarik. aku trus mikir, sekarang ini kan udah jarang tuh ya yang namanya gendong bayi pake kain jarik (kecuali mamaku dan orang2 di pinggir kota*hhehe).

nggak jarang kita lihat jarik cuma pada saat acara wisuda sekolah sekolah atau pas pernikahan. itupun kalo adat jawa. soalnya sekarang, orang kalo nikahan udah pake gaun2 import dari dunia barat yang rata-rata sih ingin pamer aurat. hhehe

nah, setelah search di google aku dapet penjelasan dari keuskupan purwokerto bahwa :

Jarik adalah kain. Biasa dihiasi dengan motif batik. Menjadi kain batik.  Ukurannya standart. Lembaran kain yang disebut jarik, banyak dipakai oleh kaum wanita. Para wanita Jawa, wanita Sumatra, Wanita Tionghoa, waktu-waktu yang lalu kerap terlihat memakainya. 
tapi jarik lebih sering dipanggil selendang oleh orang kota. mungkin aja kalo aku tanya, "tahu jarik?" kalian akan melongo, "haa?? apa yaa ? hhehehe" *sambil nyengir kuda.
nah, motif yang paling sering digunakan adalah parang, ... (ga tau nama motif batik yang lain, hhehe)




emm .. terus apa? kok jadi lupa mau nulis apa yaa?? ntar ..http://www.emocutez.com 

karena penggunaannya yang makin lama makin jarang, jarik sudah hampir jarang dikenal *bukan punah lho. nah, makanya kalo ke solo dan sekitarnya dan menemukan jarik, langsung dibeli aja (promo).



Label: ,